-->

IMPORTANT ANNOUNCEMENT !!

In recent months there were some scam cases implicate Binamandiri to collaborate with overseas agent, by imposing as Binamandiri Branch Offices in Indonesia.

Due to the above matter, we would like to inform to the public that Binamandiri DOES NOT HAVE any branch office and/or individual anywhere else outside Malang City in Indonesia, who claim as Binamandiri’s representative who has the authority to collaborate with overseas agency, BESIDE the board of directors at Head Office in Malang, which can be seen in Binamandiri site. The correspondent address between Binamandiri and overseas agency ONLY using the address in Binamandiri’s Business License, Jalan Kartini No.19-A Malang-Indonesia 65111, Phone +62 (341) 323990, Fax +62 (341) 366566, account@binamandiri.com. All correspondent emails are using corporate email and not any commercial-free email such as Yahoo Email

Any contacts outside the above Correspondence Information are considered imposter. Binamandiri does not be responsible for any loss caused by misleading from Binamandiri’s imposter. All fraud cases will be reported to the Ministry of Manpower and Transmigration for further criminal prosecution. For any information please refers to our website

Monday, December 15, 2008

KANADA

Termasuk dalam negara berkategori maju terletak di sebelah utara benua Amerika. Kanada diapit oleh Negara Amerika Serikat dan Kutub Utara, dan terletak pada kawasan ber-iklim Sub-Artik dengan 4 musim. Suhu udara rata-rata relatif dingin bagi orang Indonesia, pada kawasan tertentu di musim dingin dapat mencapai suhu minus 50 derajat celcius, di kota-kota besar di Kanada suhu berkisar antara minus 20 derajat celcius di musim dingin dan 30 derajat celcius di musim panas. Rata-rata matahari bersinar hanya selama 3 bulan saja.
Luas wilayah Kanada sama dengan luas daratan plus lautan Indonesia, dengan lebar juga sama dengan Indonesia, dari Sabang sampai Merauke dengan sebagian besar wilayah merupakan tundra.

Kanada merupakan negara yang termasuk Promising Country bagi TKI, selain Australia, New Zealand, Amerika dan negara-negara di Eropa, yang banyak diharapkan oleh para TKI agar dapat bekerja dan mencari penghidupan lebih baik. Dengan luas wilayah seluas Indonesia, termasuk lautannya, Kanada hanya berpenduduk tidak lebih dari 35 juta orang dengan tingkat pertumbuhan penduduk 5,4% yang sebagian besar dari imigran, dan hanya kurang 1% dari angka kelahiran, sehingga sangat dibutuhkan masuknya imigran baru termasuk dari Indonesia untuk menjalankan roda perekonomian. Total populasi tersebut tersebar di 13 propinsi dan wilayah, dengan kota terbesar, yang juga kota ekonomi adalah Toronto dengan penduduk 5juta orang (dibandingkan Jakarta yang 12 juta orang), berturut-turut adalah Montreal, Vancouver dan Ottawa yang merupakan Ibukota dari Kanada. Selain kota tersebut masih ada banyak kota lain, yaitu Calgary, Saskatoon, Edmonton, Halifax dan lain sebagainya.
Dari total jumlah imigran, terbesar adalah dominasi orang Eropa (Inggris dan Perancis) dan Cina baik dari Daratan (terbesar), Hong Kong dan Taiwan, selanjutnya India dan Filipina, sebagian besar mereka masuk melalui jalur Tenaga Kerja, dan terakhir adalah Korea dan Jepang. Dikarenakan banyak imigran dari Eropa yaitu Inggris dan Perancis, Kanada menggunakan sistem bi-lingual dalam kesehariannya, yaitu bahasa Inggris dan Perancis.

Dengan kurangnya akan tenaga kerja, sejak tahun 2006, Pemerintah Federal Kanada membuka keran masuknya imigran untuk tenaga kerja melalui Skema Foreign Temporary Workers (FTW) untuk hampir seluruh sektor industri, selain sebelumnya ada melalui Skema Industri Kesehatan (Dokter dan Perawat) dan Skema Live-in Caregiver.
Secara umum prosedur pengajuan untuk mendapatkan rekomendasi mempekerjakan orang asing untuk semua sektor, terlebih dahulu pihak Pengguna mengajukan permohonan LMO (Labour Market Opinion) kepada HRSDC (semacam disnaker propinsi) sebagai persyaratan pengajuan visa di Kedutaan Kanada bagi Tenaga Kerja Asing yang masuk nantinya. LMO ini akan dipertimbangkan dari berbagai hal oleh HRSDC dengan berbagai stakeholder yang berkepentingan, antara lain tingkat penggangguran setempat, adanya kaum etnis Indian, tingkat kepentingannya, dan lain-lain, sehingga membutuhkan waktu relatif lama, yaitu minimal 6 minggu.
Akan lebih cepat dan mudah untuk tenaga medis dan Live-in Caregiver dimana kebutuhan akan tenaga kerja tersebut sangat luar biasa, hingga pemerintah Kanada juga memberikan paket kemudahan Permanent Resident untuk menarik masuknya tenaga medis dan Live-in Caregiver tersebut.

Gaji yang akan diterima sangat bervariasi tergantung dari UMR di wilayah tersebut, sebagai gambaran, bekerja di Toronto akan mendapatkan gaji berkisar CAD 10/jam sedangkan di wilayah seperti Saskatoon dapat mencapai CAD 15/jam karena wilayahnya yang tidak seramai dan senyaman Toronto. Tetapi tetap perlu menjadi pertimbangan adanya Pajak sebesar hampir 30%, dan kewajiban memenuhi akomodasi dan makan untuk kebutuhan sehari-hari. Kurang lebih gaji bersih yang bisa diterima berkisar antara 40% - 60% dari Gaji Kotor.

Secara garis besar, persyaratan utama adalah memiliki pendidikan minimal setara dengan 12 tahun pendidikan formal (SMA), Pengalaman Kerja dibidangnya minimal 2 (dua) tahun dan kemampuan bahasa inggris terutama dalam hal komunikasi. Semakin tinggi interaksinya dengan orang, semakin tinggi kemampuan bahasa inggris yang dipersyaratkan. Live-in Caregiver akan diminta persyaratan komunikasi bahasa inggris yang bagus dikarenakan akan berinteraksi dengan anak atau orang tua yang akan dirawat dibandingkan dengan Sopir atau Tukang Kayu atau Tukang Ledeng. Yang termasuk kategori dengan persyaratan bahasa inggris yang bagus adalah Pelayan, dan Resepsionis. Tidak ada parameter tertentu dalam menilai kemampuan bahasa Inggris, seperti halnya Australia, semua akan ditentukan melalui wawancara antara tenaga Kerja dan Pihak Pengguna.

Walaupun saat ini Kanada juga didera Krisis Ekonomi Dunia, sebagaimana semua negara di dunia, akan tetapi dampaknya tidak separah dengan Amerika. Permintaan akan Tenaga Kerja masih tinggi walaupun terkoreksi akibat krisis, terutama di daerah Vancouver - British Columbia yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2010. Industri yang sangat membutuhkan tenaga kerja diluar sektor kesehatan adalah sektor perhotelan, sektor konstruksi – pertambahan dan sektor transportasi termasuk didalamnya Sopir Truk dan Mekanik.

Bila anda berminat bekerja ke Kanada, belajarlah berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dan belajarlah untuk menyesuaikan diri dengan udara sangat dingin. Karena tantangan terbesar adalah bahasa dan menyesuaikan dengan udara yang sangat dingin. Mungkin dapat diadaptasikan terlebih dahulu dengan tidur dalam Kulkas.

Bookmark and Share